21 September 2010

Mempercepat Loading Website Dengan Bantuan Google

Kecepatan akses kita terhadap suatu website tergantung dari banyak hal. Mulai dari kecepatan browser kita sendiri dan berbagai teknologi di belakangnya, mutu koneksi dengan ISP, kepadatan jaringan, design halaman websitenya, beban pada server yang kita akses, dan lain-lain.

Kadang-kadang (atau mungkin sering?), saat sedang browsing kita akan temukan satu dua website yang loadingnya lebih lama dari website yang lain atau dibandingkan dengan waktu loading website itu sendiri jika kita mengaksesnya pada kesempatan lain. Sulit untuk menentukan dengan pasti dimana letak penyebab kelambatan akses tersebut, terutama kalau kita bukan seorang yang memahami masalah jaringan dan internet.

Di luar dari semua kemungkinan kelambatan itu, ada satu trik yang saya sering lakukan dan cukup berhasil untuk mempercepat waktu loading sebuah website.  Trik ini hanya berlaku untuk website yang dihost di luar IIX alias di luar negeri.

Penasaran? Baca terus. Caranya adalah dengan meminta bantuan Google melalui pelayanan Google translate. Lho, kok Google translate? Saya khan fasih berbahasa Inggris, Om? Jangan sewot dulu.  Ikuti saja perintah saya he he he :-). Caranya sebagai berikut:
  1. Salin (copy) alamat website yang lalod (lama loading) tersebut (misalnya: http://www.example.com)
  2. Bukalah Tab atau jendela baru dari Browser kesayangan anda (bisa apa saja). Masuklah ke alamat http://translate.google.com
  3. Pada Textbox tempat isian yang biasanya digunakan untuk mengetikkan teks yang mau diterjemahkan, tempelkan (Paste) alamat website yang lalod tadi (contoh kita adalah http://www.example.com).
  4. Pada dropdown list From: gantilah bahasanya menjadi Inggris/English, lalu pada dropdown list To: bahasanya juga diganti jadi Inggris/English. Lalu klik Translate.
Biasanya dengan trik ini, halaman website yang lalod tadi sekarang ditampilkan jauh lebih cepat. Kok bisa? Untuk menjawabnya mungkin perlu posting tersendiri, tapi silahkan anda mengira-ngira sendiri mengapa bisa demikian (Full Disclosure: saya bukan pakar jaringan, tidak bener-bener ngerti soal beginian (^-^)).

Sebagai catatan, trik ini tidak selalu berhasil mempercepat kecepatan loading sebuah situs. Seperti yang saya tulis di atas, kecepatan akses kita terhadap sebuah situs tergantung dari banyak faktor, tetapi setidaknya trik ini layak dicoba terutama jika website tersebut sangat penting untuk anda.

Catatan (lagi): anda yang lebih paham soal networking mungkin bisa memberi comment. Monggo, berikanlah pencerahan pada kami yang tidak paham ini. Apakah trik ini benar-benar bekerja ataukah hanya sebuah kebetulan belaka?
Custom Search