29 May 2009

Windows 7 Tidak Punya Sesuatu Yang Baru

Windows 7 yang dihadirkan dengan kesan terburu-buru disambut dengan gegap gempita oleh para penggemar Windows. Beberapa keunggulannya dibahas dan dipuji-puji panjang lebar oleh berbagai media. Tetapi silahkan lihat dengan objektif apakah Windows 7 menawarkan inovasi? Jawabnya tidak. Windows 7 hanya merupakan penawar kekecewaan orang terhadap Windows Vista yang merupakan produk gagal Microsoft. Dari segi Desktop User Experience Windows 7 hanya kelihatan bagus kalau dibandingkan dengan Windows Vista atau XP. Dibandingkan dengan Linux dan MacOSX, Windows 7 hanya jadi peniru yang pintar memasarkan tiruannya.

Aero Desktop Enhancements
Aero tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Compiz fusion pada Linux, baik dari segi usabilitas, keindahan, variasi efek, maupun efisiensi manajemen memori. Untuk bisa menikmati Aero jangan harap spesifikasi PC anda yang pas-pasan bisa dipakai.

Windows Taskbar
Konon tampilannya lebih informatif dengan Thumbnail preview dari jendela yang terbuka dan icon-icon yang lebih besar. Apa tidak salah dengar? Semuanya sudah ada di Linux dan MacOSX sejak beberapa tahun lalu.

Styles
Di Windows XP dikenal sebagai Desktop Themes, kini di Windows 7 lebih costumizable dan beragam. Jika menginginkan yang jauh lebih costumizable (bahkan sampai mengganti lingkungan Desktopnya sekalian), Linux menawarkan kemungkinan yang hanya dibatasi kreativitas. Lebih banyak tema pada berbagai jenis window manager, PC anda tak akan pernah sama dengan milik orang lain. Dengan Linux anda boleh bilang dengan sesungguhnya: PC ini gue banget.

Jump Lists
Untuk menemukan sebuah file di belantara ruang penyimpanan digital anda, Jump Lists konon merupakan pembaruan yang sebelumnya tak ditemukan di XP. Benar, tetapi MacOSX sudah lama memiliki SpotLight yang mumpuni. Dalam Linux juga terdapat service seperti Beagle. Pasang applet Desktop-bar di panel dan ketikkan dua huruf awal dari sebuah kata yang ada dalam file, maka Linux akan menampilkan hasilnya secepat kilat.

Gadgets
Kini gadgets di Windows 7 tak tergantung lagi pada sidebar. Hm, ini juga bukan sesuatu yang baru. Hal yang serupa sudah lama implementasinya di MacOSX. Dalam Linux pilihannya beragam, anda bisa memakai Desklets, Screenlets, atau Google gadgets. Semuanya tak memerlukan sidebar. Akses cepat dengan satu tombol untuk menampilkan aksesoris desktop juga bukan barang baru.

User Access Control
UAC sudah diperbaiki dan tidak menjengkelkan lagi seperti di Vista. Ini bukan pembaruan tetapi perbaikan dari buruk menjadi agak tidak buruk. UAC bahkan menjadi bahan olok-olok dalam iklan Mac Vs PC.

The Choice is Windows XP over Windows VistaImage by l0ckergn0me via Flickr


Kesimpulan
Masihkan anda berpendapat bahwa Windows 7 menawarkan sesuatu yang baru? Jika jawabannya masih ya, anda mungkin perlu membuka arsip majalah komputer dan menjelajah internet lebih banyak lagi.
Jika anda pecinta Windows sejati dan hanya mencari sekedar perbaikan Windows XP, mungkin Windows 7 jawabannya. Tapi jika anda mencari inovasi yang lebih hemat memori, anda mungkin perlu mencarinya di tempat lain.
<


Reblog this post [with Zemanta]
Custom Search