10 May 2009

Blog Marketing - Mengapa Para Manajer Harus Memiliki Blog

Review Buku: Blog Marketing
Penulis : Jeremy Wright
Tagline : Revolutionary New Way to Increase Sales, Build Your Brand and Get Exceptional Results




Dulu pasar dipahami sebagai sesuatu yang abstrak, tanpa kepribadian, semata-mata angka-angka statistik yang bergerak. Para manajer melakukan analisis terhadap apa yang mereka gumuli sebagai "pergerakan pasar". Belakangan disadari bahwa faktor penting di belakang "pasar" itu tak boleh diabaikan: individu yang memiliki opini dan mengambil keputusan.

Kalangan bisnis kemudian mencoba memahami pasar dengan cara baru. Untuk memahami individu-individu sebagai pembentuk wujud pasar tersebut dibuatlah sampel-sampel dari populasi yang antara lain disebut sebagai focus group. Perusahaan kemudian berusaha memahami apa yang diinginkan pasar antara lain melalui analisis terhadap focus group.

Lalu muncul blog. Rasanya hampir semua warga internet sudah memahami blog, walaupun definisi yang paling enak untuk mencakup semua ide kita tentang apa itu blog mungkin sulit disepakati. Dulu dunia blogging dipersepsikan sekadar diari publik para narsis yang ingin menyalurkan ide. Kini blog memaksa kalangan bisnis untuk mengubah paradigma.

Blog adalah cara baru membuka diri terhadap pasar, demikian menurut Jeremy White dalam bukunya Blog Marketing. Dengan memiliki blog seorang manajer mengedukasi pasar, berkontak dengan pasar, mendengarkan pasar, dan melakukan penyesuaian dengan keinginan pasar, kemudian mengkomunikasikan perubahan itu --lagi-lagi-- melalui blog.

Angka-angka dan analisis statistik tentu saja tetap memiliki tempat, tetapi blogging menempatkan pasar pada posisinya yang sebenarnya: individu yang ingin didengarkan keinginannya dan terbuka untuk berkomunikasi.

Menurut Jeremy Wright, jika anda seorang manajer modern, anda hanya memiliki 2 pilihan dalam menghadapi kenyataan pasar modern: membenamkan kepala ke dalam pasir dan memilih untuk tidak mau mendengarkan, atau segera mulai membenahi diri dengan membuat blog dan mengubah paradigma.

Buku tulisan Jeremy Wright ini wajib dibaca oleh setiap manajer atau pemilik perusahaan yang ingin menyesuaikan diri dengan cepat menghadapi perubahan paradigma pemasaran modern melalui Blog Marketing.
Custom Search